Rabu, 26 Desember 2018

PENGERTIAN DARBUKA




Sejarah singkat DARBUKA





Darbuka atau gendang berbentuk piala/jam pasir adalah alat yg sudah sangat tua, ribuan tahun umurnya. Muncul pertama kali dalam sejarah dijaman kuno 6000 tahun sebelum masehi,, Berasal dari mesopotamia, kerajaan sumeria dan babilonia.. lokasi ini adalah daerah subur di timur tengah yg posisinya berada diantara dua sungai , sungai tygris dan sungai euphrat, di sebuah tempat yg dalam kebudayaan dunia kuno di kenal sebagai pusat peradaban. Tentunya darbuka pada jaman itu bukanlah darbuka aluminium dgn head plastik modern yg kita kenal seperti sekarang. jaman itu darbuka terbuat dari tembikar dan kulit natural.

MESOPOTAMIA dalam bhs inggris di juluki "the fertile crescent" daerah berbentuk bulan sabit yg subur.

Pada gambar dibawah yg di highlight biru pada umumnya mengenal darbuka sebagai alat tradisi mereka masing masing dengan berbagai variasi bentuknya. keliatan jelas disini bahwa ada beberapa negara yg sangat dominan dengan alat darbuka dijaman sekarang yakni negara Syiria dan dipinggirannya highlight biru itu terlihat ada turki bagian selatan yakni Antalya (kota ini terkenal di turki sebagai kota pembuat clay darbuka terbaik) dan diperbatasan lainnya ada negara mesir kota alexandria.MESOPOTAMIA dalam bhs inggris di juluki "the fertile crescent" daerah berbentuk bulan sabit yg subur.. Pada gambar dibawah yg di highlight biru pada umumnya mengenal darbuka sebagai alat tradisi mereka masing masing dengan berbagai variasi bentuknya.. keliatan jelas disini bahwa ada beberapa negara yg sangat dominan dengan alat darbuka dijaman sekarang yakni negara Syiria dan dipinggirannya highlight biru itu terlihat ada turki bagian selatan yakni Antalya (kota ini terkenal di turki sebagai kota pembuat clay darbuka terbaik) dan diperbatasan lainnya ada negara mesir kota alexandria.

        DARBUKA adalah alat musik dari timur tengah yang cara mainnya dengan cara di pukul. biasanya di pakai untuk acara keagamaan dan lain sebagainya,dalam acara perkusi dll.darbuka sendiri memiliki banyak nama yaitu :

1. ada yang menyebutnya DARBUKA
2. ada yang menyebutnya CALTY
3. ada yang menyebutkannya TABLA.
 Tapi kami di indonesia kebanyakan disebut dengan DARBUKA.kata darbuka di ambil dari tempat asal nya darbuka yaitu di TURKI,
     Di Indonesia sendiri darbuka merupakan alat musik perkusi yang tergolong sulit dimainkan daripada gitar dll.dan di Indonesia ada komunitas darbuka dibawah naungan SERIKAT DARBUKA INDONESIA.
dengan presidennya yaitu MASTER LUTHFI GHOSTFINGER & MASTER DAOOD.
di bawah serikat darbuka indonesia atau yang biasa disebut dengan SDI ini mempunyai banyak sekali klub-klub di daerah-daerah di Indonesia bahkan hampir di setiap kota di indonesia.klub-klub lokal inilah yang menjadikan darbuka lebih mempunyai nyawa di Indonesia,karena setiap komunitas ini kumpul banyak sekali orang yang menontonnya dan bahkan mereka ingin bergabung dengan klub tersebut
fungsi menurut Fingers of Fury, musisi bermain darbuka sambil duduk.bagi orang-orang yang tepat tangan dominan.beristirahat darbuka di kaki kiri dengan kepala menghadap ke gendang sisi kanan tubuh.
cara bermain Darbuka sendiri sebenarnya sangat mudah tinggal kita bagaimana niatnya.
caranya adalah dengan menggunakan tangan/jari telunjuk dan jari manis pada tangan kanan dan tangan kiri.
dengan cara dipukul dengan menggunakan jari tersebut dengan ryhtm yang indah.
dengan kombinasi freestyle atau variasi/teknik tertentu.
teknik-teknik bermain darbuka ada
1. SINGLE yaitu menggunakan satu jari saja yaitu jari kanan dan kiri di pukulkan secara bergantian
2. DOUBLE yaitu menggunakan kedua jari di pukulkan secara bergantian kiri dan kanan
3. TRIPLE yaitu menggunakan 2 jari tangan kiri dan 1 jari tangan kanan di pukulkan secara berurutan
4. QUADROPLE : yaitu bermain dengan menggunakan 4 jari 2 jari tngan kanan 2 jari tangan kiri,caranyua dengan bergantian memukul di mulai dari 2 jari tangan kiri dan dua jari tangan kanan
5. BUTTERFLY yaitu bermain dengan semua jari berada di depan mika/head darbuka,biasanya bermainnya menggunakan kuku jari jempol.


Berikut adalah contoh memainkan darbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar