POSTER
A.
Pengertian Poster
Poster
adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan,
gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi
kepada khalayak ramai. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum
yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat
keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak
masyarakat
Menurut
wikipedia, pengertian poster adalah sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan
perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar.
Poster ini umumnya ditempel didinding atau permukaan yang relatif datar
ditempat-tempat umum yang ramai agar informasi dan pesan yang ada didalam
poster tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat.
B.
Ciri-ciri dan Syarat Poster
Berikut
ini adalah ciri – ciri umum dari sebuah poster:
- Desain
grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan
gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
- Cara
pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum
atau permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata
semaksimal mungkin.
- Poster
pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
- Poster
lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah
dipahami.
- Pesan
yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.
- Poster
dapat dibaca secara sambil lalu.
Setelah
membahas mengenai ciri-ciri poster, berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai
syarat sebuah poster:
- Poster
wajib mempergunakan bahsa yang mudah dipahami.
- Susunan
kalimat poster harus singkat, padat, jelas, tetapi berisi.
- Poster
sebaiknya dikombinasikan dengan bentuk gambar.
- Poster
harus mampu menarik minat khalayak.
- Media
poster harus mempergunakan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek.
- Ukuran
poster sebaiknya disesuaikan dengan tempat atau lahan pemasangan serta
target pembaca.
Sementara
itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat poster adalah:
- Gambar
dibuat mencolok dan sesuai dengan ide yang akan dikomunikasikan.
- Kata-kata
yang digunakan dalam poster harus efektif, sugestif, serta mudah diingat.
- Jenis
font sebaiknya adalah jenis yang mudah dibaca dan dengan size yang besar.
C.
Tujuan Poster
Dibuatnya
sebuah poster tentu bukan tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan
sendiri. Secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan
melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut.
Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa
yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik,
mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.
D.
Jenis / Macam-Macam Poster
·
Jenis poster berdasarkan isinya:
1.
Poster Niaga adalah poster yang dibuat
untuk media komunikasi dalam urusan perniagaan untuk menawarkan suatu barang,
atau jasa.
2.
Poster Kegiatan adalah poster yang
berisi suatu kegiatan, seperti kegiatan jalan sehat, senam, dll.
3.
Poster Pendidikan adalah poster yang
bertujuan untuk mendidik.
4.
Poster Layanan Masyarakat adalah poster
untuk pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.
·
Jenis Poster berdasarkan tujuannya :
1.
Poster Propaganda adalah poster yang
memilik tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha
seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.
2.
Poster Kampanye adalah poster yang
bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat dilakukannya
pemilihan umum.
3.
Poster 'Dicari' atau "Wanted“
adalah poster yang bertujuan yang memuat orang hilang atau suatu perusahaan
yang membutuhkan pekerja.
4.
Poster "Cheescake“adalah poster
yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, seperti bintang rock, artis,
penyanyi, dll.
5.
Poster Film adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan suatu
film yang diproduksi dalam industri perfilman.
6.
Poster Komik adalah poster yang digunakan untuk mempopulerkan buku-buku komik.
7.
Poster Afirmasi adalah poster untuk memotivasi pembacanya, biasanya tentang
kepemimpinan, dll.
8.
Poster Riset adalah poster untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset sehingga
mengundang para pelaku akademik untuk ikut dalam mengapresiasikan kegiatan
tersebut.
9.
Poster Kelas adalah poster yang berada didalam kelas pelajar yang bertujuan
untuk memotivasi pelajar, adapun juga poster tata tertib kelas.
10.
Poster Komersial adalah poster yang hampir sama dengan Poster Niaga yaitu yang
bertujuan untuk mempromosikan sesuatu.
E.
Cara Membuat Poster
Disini
saya tidak akan menjelaskan mengenai bagaimana mendesain (menggambar) sebuah
poster, namun yang akan dijabarkan adalah bagaimana langkah-langkah konseptual
dari pembuatan poster itu sendiri.
1.
Tentukan Topik & Tujuan
Pertama,
Anda harus menentukan apa yang ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah
membahas produk kecantikan, kegiatan sosial, atau sebuah film animasi.
Kemudian, tentukan pula alasan Anda membuat poster tersebut. Anda membuatnya
untuk promosi? atau hanya sekedar sosialisasi. Tentunya, poster-poster promosi
lebih membutuhkan riset serius dalam hal gambar, kata-kata, dan peletakan
daripada sebuah poster sosialisasi program.
2.
Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti
Poster
biasanya dibaca secara sekilas oleh pengunjung. Sedikit sekali pejalan kaki
atau pengendara yang berlama-lama di suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah
poster. Untuk itu, buatlah kalimat yang
singkat agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja. Nantinya,
melalui bahasa singkat tersebut, maka pesan yang ditulis oleh para pembuat
poster bisa tersampaikan dengan baik. Tetapi, jangan sampai kata-kata tersebut
malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan. Buatlah kalimat yang jelas
serta mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu (terutama ketika
Anda membuat poster promosi produk).
3.
Gunakan Gambar
Gambar
merupakan alat penyampai pesan yang paling menarik. Inilah mengapa berbagai
poster saat ini menggunakan gambar dengan proporsi jauh lebih besar
dibandingkan dengan tulisan. Gambar dengan warna-warna mencolok adalah jenis
yang sebaiknya Anda gunakan demi pengunjung yang lebih banyak.
4.
Gunakan Media yang Tepat
Media
(tempat ditempelnya poster) akan menentukan apakah poster Anda banyak dilihat
atau tidak. Jika Anda menempelkan poster di dinding-dinding yang ada di pasar,
kemungkinan poster tersebut jauh lebih 'laris' ketimbang jika ditempel pada
dinding-dinding perkampungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar