Kamis, 16 Mei 2019

MEMBACA CERPEN DALAM BUKU KUMPULAN CERPEN (Media Belajar full teks)



MEMBACA CERPEN DALAM BUKU KUMPULAN CERPEN

SEKOLAH : SMP NEGERI 5 SURABAYA
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : IX / GENAP
Standar Kompetensi : Membaca dan memahami berbagai teks bacaan sastra melalui kegiatan membaca dan membandingkan cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen.
Kompetensi Dasar    : Membaca dan membandingkan cerita pendek dalam satu buku kumpulan cerpen.

Indikator :
1. Mampu membandingkan tema, latar, penokohan, dan nilai kehidupan dalam cerita pendek yang dibaca.
2. Menentukan cerita pendek yang paling disukai dengan alasan yang logis.

Tujuan :
1. Melalui kegiatan membaca cerpen, siswa mampu menentukan tema, latar, penokokhan, dan nilai kehidupan dalam tiap-tiap cerpen.
2. Melalui kegiatan diskusi, siswa mampu membandingkan tema, latar, penokohan, dan nilai kehidupan dalam cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen, baik nilai yang positif maupun negatif dengan bukti yang factual dan meyakinkan.
3. Dengan memahami isi cerpen, siswa mampu menentukan cerita pendek yang paling disukai dalam satu buku kumpulan cerpen dengan alasan yang logis.

Persiapan : Kertas manila, pensil dan spidol , penggaris, isolasi, gunting,
Contoh cerpen, dan buku kumpulan cerpen.

Pembuatan :
1. Siapkan kertas manila dengan 5 warna yang berbeda, masing -masing 8 lembar
2. Siapkan 5 cerpen yang berbeda dari satu buku kumpulan cerpen. Kemudian diperbanyak sampai 8 kelompok, jadi ada 40 cerpen.
3. Tempelkan setiap cerpen pada kertas manila. Cerpen dengan judul sama ditempelkan pada kertas manila yang berwarna sama. Jadi ada 40 cerpen dengan 5 macam warna yang berbeda.
4. Warnailah dengan spidol agar lebih menarik.
5. Bagikan 5 cerpen yang berbeda dengan 5 warna yang berbeda tersebut pada setiap kelompok untuk dibaca, dipahami dan dianalisis.

Prosedur Penerapan :
1.  Guru membentuk 8 kelompok yang masing-masing terdiri atas 5 anggota yang karakteristiknya heterogen (disebut kelompok ASAL)
2. Setiap kelompok Asal mendapat 5 cerpen yang berbeda yang sudah ditempel pada kertas manila dengan 5 warna yang berbeda. Cerpen diambil dari buku kumpulan cerpen yang berjudul “Penjara” karya Sori Siregar.
3. Setiap anggota kelompok Asal mendapat tugas membaca dan memahami satu cer- pen sesuai dengan kesepakatan kelompoknya.
4.  Setiap anggota kelompok Asal yang mendapat cerpem yang sama berkumpul dan membentuk kelompok baru (disebut kelompok AHLI), yang terdiri atas 5 kelompok dengan masing-masing 8 anggota, untuk membahas satu cerpen yang telah mereka terima.
5. Kelompok Ahli berdiskusi untuk menentukan tema, latar, penokohan dan nilai kehidupan dalam salah satu cerpen yang telah diterima (sesuai ketentuan).
6. Selesai berdiskusi, setiap anggota kelompok Ahli kembali ke kelompok Asal dan memberikan informasi yang telah diperoleh dalam kelompok Ahli.
7. Kelompok Asal kembali berdiskusi untuk membandingkan tema, latar, penokohan, dan nilai kehidupan dalam kelima cerpen untuk menyamakan persepsi.
8. Kelompok Asal juga berdiskusi untuk menentukan cerpen yang paling menarik atau disukai di antara kelima cerpen dengan disertai alasan yang logis.
9. Guru melakukan pengundian salah satu kelompok Asal untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
10. Kelompok lain memberikan tanggapan.
11. Guru memberikan penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual dari skor dasar ke skor berikutnya.

Daftar Pustaka:
Hasanah, Nur. 2012. Media Pembelajaran Bahasa Indonesia (online). http://nurhasanahsmpn5.blogspot.com/2012/03/media-pembelajaran-bahasa-indonesia.html (diakses pada 16 Mei 2019)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar